Artikel Bloger Medan.....

Rabu, 27 Juni 2012

Kualanamu Medan Adopsi Bandara Korea Selatan



PT Angkasa Pura II (Persero) secara resmi mendaulat Bandara International Incheon, Korea Selatan, sebagai ”Sister Airport” Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara.

Dirut Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan adopsi ini akan memberikan banyak keuntungan bagi Angkasa Pura II. Mengingat Bandara Kualanamu yang dijadwalkan beroperasi penuh pada 2013 diorientasikan menjadi salah satu bandara pengumpul (hub) yang cukup diperhitungkan di kawasan regional.

Dengan pengalaman yang dimiliki Incheon International Airport Corporation (IIAC) dalam mengelola bandara, kerjasama ini merupakan langkah penting dalam menyongsong pertumbuhan industri penerbangan di kawasan Asia, yang memiliki laju pertumbuhan lebih tinggi dari kawasan lain.

Tri menyakini bahwa kerjasama ini juga akan memberi dampak yang cukup besar bagi Angkasa Pura II dalam mengelola Bandara Kualanamu. Selain sebagai  bandara terbesar di Korea Selatan dan menjadi salah satu bandara tersibuk di Asia dalam hal pelayanan penumpang, Incheon juga menjadi bandara tersibuk kedua dalam jalur pelayanan kargo internasional. "Jadi banyak hal menguntungkan yang dapat diserap dari kerjasama ini,” kata Tri di Jakarta, Senin 25 Juni 2012.

Dalam bidang teknik, IIAC akan menyediakan dukunganya dalam bidang teknik kepada Angkasa Pura II untuk pengoperasian, manajemen, pembangunan, pemasaran, strategi pengumpul, serta pendidikan dan pelatihan.

”Tidak menutup kemungkinan, jika tujuan bersama tercapai, kedua pihak dapat bersama-sama berinvestasi dalam proyek pembangunan bandara baru,” kata Tri.

Selanjutnya, dalam bidang evaluasi pasar, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pemasaran bersama, program pertukaran personel, studi banding, maupun kerja sama lain yang tidak hanya berhubungan dengan Bandara Kualanamu, tetapi juga berhubungan dengan bandara lain yang dikelola oleh Angkasa Pura II. Perjanjian Sister Airport ini berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan bersama.

Bandara Kualanamu adalah bandara baru yang dibangun untuk menggantikan Bandara Polonia di Kota Medan yang telah cukup lama mengalami kelebihan beban pelayanan. Saat ini Polonia yang berkapasitas 900 juta penumpang telah melayani 7,1 juta penumpang per tahun.

Kapasitas Bandara Kualanamu yang terletak di atas lahan seluas 1.365 hektare di Kabupaten Deli Serdang, disiapkan untuk melayani 8,1 juta penumpang per tahun dengan area terminal penumpang seluas 86,000 m2 (Tahap I). Bandara tersebut akan terus dikembangkan hingga mencapai kapasitas maksimal.

Sedianya, Bandara Kualanamu akan dilengkapi 2 runway paralel, apron seluas 30 ha berkapasitas maksimal 33 pesawat, terminal kargo seluas 13.000 m2 dengan kapasitas 3 pesawat (65.000 ton per tahun), area parkir berkapasitas sekitar 1.400 kendaraan roda empat.

Untuk aksesibilitas, Bandara Kualanamu  yang dilengkapi  10 gerbang masuk, akan didukung oleh akses jalan tol dan kereta api khusus bandara. ”Sekali lagi, kami yakin bahwa kerjasama  ini akan lebih meningkatkan hubungan yang kuat  dan saling menguntungkan," katanya.

Sedangkan Incheon International Airport Corporation mengoperasikan Bandara International Inchoen, bandara terbesar di Korea Selatan yang menjadi salah satu bandara tersibuk di Asia dengan lebih dari 33 juta penumpang setiap tahun.

Bandara Incheon menyediakan pelayanan direct service dan non-stop yang terhubung dengan sekitar 176 kota di dunia. Dengan sekitar 3 juta ton kargo yang ditangani, Incheon juga menjadi bandara tersibuk kedua dalam jalur kargo international di dunia dan best airport worldwide untuk pelayanan penumpang selama 7 tahun berturut-turut oleh Airport Council International. (sj)


sumber : vivanews.com

ARTIKEL TERKAIT



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Halaman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.