Artikel Bloger Medan.....

Kamis, 28 Juni 2012

Kenapa Perempuan Hamil sering Buang Gas?



ANDA mungkin pernah mendengar bahwa seorang perempuan sering buang gas alias kentut selama hamil. Tentunya, tak sedikit ibu hamil yang malu mengakui kondisi tersebut.

Apa sih yang menyebabkan ibu hamil kerap membuang gas? Jawabannya: kadar hormon yang melonjak memperlambat saluran pencernaan. Sehingga gas berlebih dari perut berakibat kembung. Sehingga, otot-otot tubuh tak memiliki kontrol selama kehamilan.

"Ini tidak seperti gas yang terjadi saat tidak hamil, di mana Anda bisa menahannya sampai keadaan aman untuk dikeluarkan,” kata Michelle Smith, penulis buku Taboo Secrets of Pregnancy: A Guide to Life with a Belly.

"Anda akan berpikir…aduh, bagaimana jika seandainya saya benar-benar buang angin di depan mertua? Bagaimana saya bisa sembunyikan rasa malu akibat dari hal itu?” tuturnya.

Ibu hamil mungkin tak bisa menghapus masalah itu. Namun buang gas bisa dikurangi dengan olahraga dan perubahan pola makan.

"Latihan membantu meningkatkan motilitas saluran pencernaan, membuat makanan untuk bergerak lebih cepat," kata Michele M. Hakakha, MD, seorang dokter ahli kebidanan dan kandungan di Beverly Hills, California dan penulis buku Expecting 411: Clear Answers & Smart Advice for Your Pregnancy.

"Semakin sedikit waktu yang dihabiskan dengan duduk-duduk dan fermentasi, maka produksi gas juga berkurang. Beberapa makanan cenderung lebih banyak menghasilkan gas, sehingga upaya terbaik adalah menghindari makanan itu sepenuhnya, seperti minuman berkarbonasi, kacang, brokoli, kembang kol, dan buah kering," tambahnya.

Produk susu juga dapat menyebabkan tekanan pada saluran cerna selama kehamilan, yang menyebabkan perut kembung. "Banyak wanita mulai minum susu setiap hari selama kehamilan dan dipikir itu baik bagi mereka, tetapi mereka tidak dapat mentoleransi susu karena tak terbiasa meminumnya,” kata Sonja Kinney, MD, profesor di departemen obstetri dan ginekologi University of Nebraska Medical Center College of Medicine dan direktur medis the Olson Center for Women's Health di UNMC.

Namun untuk perempuan yang mengalami intoleransi laktosa, masih bisa minum susu untuk meningkatkan kalsium. Produk susu tertentu aman diminum selama kehamilan. (go4/RRN)


http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/28/96452/Kenapa-Perempuan-Hamil-sering-Buang-Gas?/11

ARTIKEL TERKAIT



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Laman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.