Artikel Bloger Medan.....

Kamis, 28 Juni 2012

Stres ternyata Menambah Kekebalan Tubuh



KITA pasti sudah mendengar begitu banyak hal negatif terkait dengan stres. Namun, di sisi lain, merasakan stres ternyata juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

"Stres jangka pendek ternyata merangsang aktivitas kekebalan tubuh," kata Firdaus Dhabhar, profesor psikiatri dan ilmu perilaku dari Universitas Stanford Institute.

Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk penyembuhan luka dan mencegah atau melawan infeksi, menurut Journal of Psychoneuroendocrinology.

Menurut pihak universitas, hasil penelitian di Stanford dan dua universitas lainnya menunjukkan bahwa membuat tikus laboratorium merasakan stres ringan menyebabkan peningkatan kekebalan sel ke dalam aliran darah dan kemudian ke kulit dan jaringan lain.

"Ini juga menimbulkan migrasi skala besar dalam kekebalan sel tubuh yang berlangsung selama 2 jam," kata Dhabhar.

Tim peneliti sebelumnya menunjukkan bahwa redistribusi kekebalan sel serupa pada pasien yang mengalami stres jangka pendek pascaoperasi membuat proses pemulihannya lebih baik.

Mereka juga mampu menunjukkan bahwa redistribusi besar sel kekebalan seluruh tubuh itu dimotori oleh tiga hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal, dalam jumlah yang berbeda dan pada waktu yang berbeda. Hal tersebut terjadi saat tubuh terangsang akibat stres.

"Tubuh kita secara alami memiliki respons melawan stres. Itu untuk membantu kita, bukan membunuh," kata Dhabhar yang telah melakukan percobaan selama lebih dari satu dekade pada efek dari hormon stres pada sistem kekebalan tubuh.

Temuan ini memberikan gambaran yang lebih persis bagaimana pikiran memengaruhi aktivitas kekebalan tubuh.(MI/Times of India/DSY)


sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/28/96403/Stres-ternyata-Menambah-Kekebalan-Tubuh/11

ARTIKEL TERKAIT



Followers

Total Tayangan Halaman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.