Artikel Bloger Medan.....

Kamis, 28 Juni 2012

Indonesia Tak Perlu Risau Jika Rendang Diklaim



Pemerintah Daerah dan masyarakat Sumatra Barat tak perlu risau jika Malaysia mengklaim rendang. Sebab, masakan tak bisa dipatenkan.

"Makanan itu tidak bisa dipatenkan. Contohnya sushi dari Jepang yang tidak dipatenkan, bahkan masyarakatnya senang nama itu dipakai di luar negara mereka," ungkap pakar kuliner William Wirjaatmadja Wongso saat meninjau Festival Rendang di Taman Budaya, Padang, Sumatra Barat, Selasa (26/6).

Ia mengatakan, setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal penyajian dan cara pembuatan makanan. Namun yang harus diperhatikan, adalah bagaimana cara menyebarkan cara memasak rendang yang benar di luar daerah. Supaya cita rasa masakan itu dikenal berasal dari Sumatra Barat.

"Masyarakat Malaysia yang memasak rendang ayam hingga berwarna merah sudah menyebutnya dengan rendang, sementara bagi saya jika rendang tidak hitam itu bukan rendang," ujarnya.

Selain itu, masyarakat Malaysia juga mencampurnya dengan kelapa yang diparut, dan sudah pasti berbeda dengan penyajian rendang di Sumatra Barat. Bahkan di Belanda, banyak ditemukan makanan bernama rendang tapi rasa semur.

"Yang terpenting itu adalah bagaimana menyebarkan cara memasak rendang yang benar di luar Summatra Barat, sehingga tidak ada perbedaan rendang di Sumatra Barat dengan di daerah lain," katanya.

Ia mengakui rendang berasal dari Sumatra Barat. Tapi jika masakan yang terbuat dari daging sapi, kerbau, ayam, atau kambing, itu diperbincangkan di luar Sumatra Barat sebaiknya menggunakan nama Rendang Padang.

"Tapi jika menjadi pembicaraan di Sumatra Barat sebaiknya diikuti nama daerah seperti rendang Padang, rendang Pariaman, rendang Solok, rendang Limapuluh Kota, atau nama daerah lain pembuatnya. Ini sebentk apresiasi karena rendang di masing-masing daerah di Sumbar memiliki cita rasa berbeda," ujarnya.(Ant/TII)


sumber : http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/27/96254/Indonesia-Tak-Perlu-Risau-Jika-Rendang-Diklaim/6

ARTIKEL TERKAIT



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Laman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.