Artikel Bloger Medan.....

Minggu, 10 Juni 2012

10 Pertanyaan Terpopuler Saat Hamil



Saat hamil, Anda tentu ingin semuanya berjalan dengan lancar. Pada saat itu, teman-teman dan keluarga pasti akan memberikan saran-saran. Banyak di antaranya yang memenuhi rasa penasaran Anda, namun belum tentu semua saran tersebut benar. Agar Anda tak bertambah cemas karena merasa tidak menjaga kehamilan dengan baik, coba simak beberapa pertanyaan terpopuler soal kehamilan berikut ini:

1. Berapa tambahan kalori yang Anda butuhkan ketika Anda harus "makan untuk berdua"?


A. 1.000
B. 500
C. 300

Jawaban: C. Hanya karena ada janin yang harus berkembang di dalam kandungan, tidak berarti Anda bebas mengunyah apa saja dalam jumlah tak terbatas. Bahkan sebenarnya, Anda hanya butuh tambahan sedikit camilan saja dalam sehari, itu pun yang tergolong sehat dan rendah kalori. Misalnya, buah-buahan, atau roti gandum dengan selai kacang. Alas, pregnancy is not a feeding frenzy. In fact, you'll need only a couple of smart snacks a day, like an apple with 2 tablespoons of almond butter, for 300 extra calories total, says Ashley Koff, R.D., of Los Angeles.

2. Berapa cangkir kopi yang boleh Anda konsumsi?


A.Tidak ada batasan untuk jenis kopi decaf (tanpa kafein)
B. Kurang dari dua cangkir sehari
C. Sama sekali tak boleh, termasuk decaf

Jawaban: B. Tidak mengonsumsi kafein sama sekali memang yang paling aman, namun kopi ukuran 200 ml sehari masih boleh dikonsumsi. Lebih dari itu, menurut Amanda Williams Calhoun, MD, spesialis kebidanan dan kandungan dari Kaiser Permanente Northern California, bisa meningkatkan risiko keguguran. Jadi, ketimbang membeli kopi ukuran Tall di gerai premium dengan  (takaran kafein 260 mg), mending Anda menyeduh sendiri kopi sachet (95 mg per cangkir), atau decaf (2 mg per cangkir). Selain itu, jangan lupa bahwa teh, cokelat, dan minuman kola juga mengandung kafein.

3. Setelah keguguran, berapa lama boleh mencoba hamil lagi?


A. Enam bulan
B. Dua sampai tiga bulan
C. Tidak ada batasan waktu

Jawaban: C. Secara medis, sebenarnya Anda tidak harus menunggu untuk mencoba lagi. Bahkan, perempuan yang hamil lagi dalam enam bulan setelah keguguran lebih berpeluang mendapatkan bayi yang sehat, ketimbang yang menunggu enam sampai 12 bulan, demikian menurut sebuah studi yang dimuat di British Medical Journal.

4. Bolehkah mewarnai rambut?


A. Jangan pernah
B. Boleh, setelah trimester pertama
C: Boleh, sebelum trimester ketiga

Jawaban: B. Kebanyakan orang mengira mewarnai rambut sama sekali tak boleh dilakukan selama kehamilan. Namun, setelah 12 minggu sebenarnya Anda boleh mengecat rambut. Tidak ada bukti bahwa mewarnai rambut akan membahayakan, namun Dr Calhoun menyarankan untuk tetap berhati-hati dengan menunggu sampai organ-organ utama pada janin telah terbentuk sempurna.

Yang ini disarankan:

5. Seks

Berhubungan seks tidak akan menyebabkan keguguran, atau membuat mata bayi membelalak. Malahan, seks bisa meningkatkan aliran darah ke area bawah, sehingga seks akan terasa lebih menyenangkan. Namun ingat, lakukan ketika kondisi kehamilan Anda sudah cukup kuat.

6. Olahraga


Latihan ringan selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan energi, dan mengurangi nyeri pada punggung atau kembung. Bayi yang lahir dari ibu yang rajin berolahraga ketika hamil juga akan memiliki jantung yang lebih sehat.

7. Naik pesawat


Bepergian dengan pesawat terbang boleh dilakukan setelah usia kehamilan 14 minggu. Sebelum waktu tersebut, guncangan di atas pesawat dikhawatirkan akan menyebabkan kontraksi dan meningkatkan risiko keguguran. Naik pesawat sebaiknya tak dilakukan lagi setelah usia kehamilan 36 minggu, karena Anda bisa sewaktu-waktu melahirkan.

Tidak disarankan:

8. Minum alkohol

Tidak ada bukti bahwa alkohol aman untuk janin. Situs kehamilan The March of Dimes bahkan mengatakan bahwa konsumsi dalam jumlah sedikit pun bisa menyebabkan masalah perilaku pada anak di masa depan.

9. Membereskan kotoran hewan

Tinja kucing mengandung parasit menular yang disebut toxoplasma gondii, yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.

10. Sushi

Sushi dengan topping sayuran seperti mentimun, dan tempura udang sih boleh saja. Yang tidak disarankan adalah sushi dengan ikan mentah seperti sashimi, karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan kematian saat kelahiran.


sumber

ARTIKEL TERKAIT



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Laman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.