Artikel Bloger Medan.....

Senin, 02 Juli 2012

Dari Mana Wikipedia Memperoleh Penghasilan


Beberapa bulan yang lalu saya membeli buku kiksah sukses wikipedia, karena saya penasaran darimana wikipedia mendapatkan penghasilan sedangkan dalam halaman-halaman situs wikipedia tidak saya temukan iklan. dalam buku tersebut dikisahkan project wikipesia dan kesusahan yang dialami wikipedia, sampai komunitas wiki didunia. Tapi saya belum merasa puas dari buku tersebut entah mungkin karena bosan atau apa saya tidak menemukan darimana wikipedia mendapatkan penghasilan dari tulisan-tulisan dibuku tersebut.

Beberapa hari ini saya sering melakukan browsing untuk mengetahui istilah-istilah tertentu, dan tentusaja wikipedia tetap menjadi andalan bila artikel yang saya cari terdapat disana. Ada tampilan di halaman atas artikel di wikipedia yang isinya adalah surat dari pendiri wikipedia, yaitu jimmy wales, tampilan dan isi suratnya sebagai berikut :
 


Google mungkin memiliki hampir sejuta server. Yahoo memiliki sekitar 13.000 staf. Kami hanya memiliki 679 server dan 95 staf.
Wikipedia adalah situs #5 di web dan melayani 450 juta orang yang berbeda setiap bulan - dengan miliaran kunjungan halaman.

Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Menurut saya, iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini — tidak di Wikipedia.

Wikipedia merupakan sesuatu yang istimewa. Wikipedia ibarat perpustakaan atau taman untuk umum. Wikipedia laksana ruang suci bagi pikiran. Wikipedia adalah tempat kita semua dapat datang untuk berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Ketika saya memulai Wikipedia, saya dapat saja menjadikannya sebagai sebuah perusahaan komersial yang menayangkan iklan, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kami bekerja keras setiap tahun untuk menjaga kita tetap ramping dan ketat anggaran. Kami memenuhi misi kami, dan kami tidak menyia-nyiakannya.

Jika setiap orang yang membaca ini menyumbangkan $5, kami hanya perlu melakukan penggalangan dana selama satu hari setiap tahunnya. Tetapi tidak semua orang dapat atau ingin menyumbang. Dan hal itu tidak apa-apa. Setiap tahun cukup banyak jumlah orang yang memutuskan untuk menyumbang.

Tahun ini, pertimbangkanlah untuk memberikan sumbangan $5, €10, ¥1000, atau berapa pun yang Anda mampu untuk melindungi dan melestarikan Wikipedia.

Terima kasih,

Jimmy Wales
Perintis Wikipedia

Dari surat tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa wikipedia merupakan organisasi seperti organisasi nirlaba yang memperoleh penghasilan untuk operasionalnya menggunakan dana donasi. Entah kesimpulan saya ini benar atau tidak, dan sampai hari inipun saya masih sangat penasaran dan setengah tidak percaya. Masa situs ensiklopedi terbesar didunia hanya mengandalkan dana untuk operasionalnya dari dana Donasi para wikipedian.

Komentar dan informasi dari teman-teman pembaca sangat saya hargai dan sangat membantu saya menghilangkan rasa penasaran saya ini, sekaligus menjadi penge,tahuan bagi para pembaca lain bahwa banyak organisasi yang memperoleh pendanaan dengan cara yang unik.
 
 
sumber : http://www.ekomarwanto.com/2011/11/dari-mana-wikipedia-memperoleh.html

ARTIKEL TERKAIT



0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Laman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.