Artikel Bloger Medan.....

Sabtu, 28 April 2012

MAKANAN KHAS MEDAN


Bagi anda yang bukan orang medan dan belum pernah ke kota medan, berikut ini sedikit informasi tentang makanan khas medan yang bisa anda bawa pulang ke kota asal anda sebagai oleh-oleh.

1. BIKA AMBON

Bika ambon adalah sejenis penganan asal Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat.

Asal-muasal bika ambon tidak diketahui dengan jelas. Walaupun namanya mengandung kata "ambon", bika ambon justru dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Medan, Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah merupakan kawasan penjualan bika ambon yang paling terkenal. Di sana terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini.

Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.

2. LEMANG
Lemang adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan dicampur santan. Cara memasak nya juga agak unik, campuran ketan dibungkus dengan daun pisang seperti lontong dan dimasukkan kedalam bambu lalu dibakar sampai matang.
 



3. DURIAN MEDAN
Kota medan juga terkenal dengan duriannya yang khas. Ini dia....


4. SAYUR DAUN UBI TUMBUK
Sayur ini terbuat dari daun ubi (singkong) yang ditumbuk sampai halus dan dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu.


5. ARSIK IKAN MAS
Arsik ikan mas adalah makanan bersantan tapi bukan gulai. Rasanya asam karena adanya andaliman dan asam galugur. Selain andaliman, yang bikin khas adalah bawang batak. Ada juga yang menambahkan susu kerbau ke dalam masakan ini.

6. LONTONG MEDAN
Makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di pagi hari dipinggir jalan karena lontong sangat enak dibuat untuk sarapan, orang yang ingin pergi bekerja kalau tidak sempat sarapan dirumah pasti membeli lontong di pinggir jalan atau warung-warung.



7. SOTO MEDAN

Soto asal kota Medan ini menggunakan santan sebagai bahan cairnya, Untuk isinya soto Medan memakai daging ayam, telur rebus, kentang, emping, tomat dan taburan bawang goreng.



8. ROTI KETAWA
Anda jangan takut makan roti ini karena namanya, walaupun namanya roti ketawa tapi roti ini tidak akan membuat kita jadi tertawa-tawa saat memakannya. Bentuk nya yang bulat dan ada belahan di permukaan nya sehingga terlihat seperti sebuah senyuman/ketawa. Mungkin hal ini yang menjadi asal mula roti ini disebut dengan nama Roti ketawa.  Roti ketawa di beberapa daerah disebut juga dengan Onde onde ketawa. Roti ini memiliki tekstur yang sedikit keras , dan juga rapuh jika baru saja di produksi/dimasak.


9. PISANG MOLEN
Pisang molen adalah kue yang berbahan baku pisang yang dibungkus dengan adonan tepung lalu digoreng.





ARTIKEL TERKAIT



1 komentar:

Danilo Sergio Pallar Lemos on 29 April 2012 00.05 mengatakan...

Acessei seu blog e comprovei que possui excelentes receitas.
wwwsabereducar.blogspot.com

Poskan Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Laman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.