Artikel Bloger Medan.....

Selasa, 12 Juni 2012

Cukup Jalan Cepat 22 Menit untuk Cegah Hipertensi




Untuk mendapatkan tubuh sehat terhindar dari hipertensi dan masalah kardivaskular, cara yang paling gampang adalah dengan berjalan cepat. Hanya dengan jalan cepat minimal 22 menit per hari atau sekitar 150 menit per minggu, cukup untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Demikian menurut studi dari  University of South Carolina di Columbia.

Ini adalah olahraga paling ringan namun besar manfaatnya. Pada studi lain yang mengamati  6.000 orang dewasa yang aktif secara fisik, 34 persen lebih rendah untuk memiliki hipertensi  meski orang tuanya pernah memiliki penyakit tersebut. Artinya, sekali pun seseorang memiliki genetik yang mewarisi hipertensi dari orang tuanya, itu bisa dicegah dengan olahraga.

    “Hasil studi ini menunjukkan pesan yang sangat praktis. Yaitu dengan sangat realistis, jumlah olahraga sedang – yang kami definisikan sebagai jalan cepat selama 150 menit per minggu – dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar, khususnya pada orang yang cenderung untuk hipertensi karena riwayat keluarga mereka, “ kata Robin P. Shook, pemimpin penelitian.

Dalam penelitian ini, dilibatkan 6.278 orang dewasa. Sekitar 30 persennya mengatakan punya riwayat keluarga yang memiliki hipertensi. Dan, ada 1.545 peserta yang mengalami hipertensi saat penelitian.

Setelah dilakukan pengamatan, mereka yang memiliki intensitas tinggi dalam kebugaran, memiliki risiko hipertensi lebih rendah 42 persen. Mereka yang intensitas kebugarannya biasa, risiko hanya turun 24 persen. Sementara itu, mereka yang tingkat kebugarannya sangat rendah, risiko hipertensi meningkat 70 persen.

Temuan ini mendukung rekomendasi American Heart Association tentang aktivitas fisik yang intens, seperti jalan cepat. Bisa dilakukan 30 menit per hari,minimal lima hari seminggu. Studi ini dipublikasikan dalam American Heart Association’s journal Hypertension.

ARTIKEL TERKAIT



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Halaman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.