Artikel Bloger Medan.....

Rabu, 06 Juni 2012

Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan




Tubuh manusia biasanya mempertahankan tingkat glukosa darah sebagai bagian dari homeostasis metabolisme, dan merupakan sumber utama energi juga. Namun, tidak apa-apa bila jumlah dalam tubuh dalam tingkat normal, tetapi jika tingkat naik maka gangguan fisiologis dapat muncul. Jumlah kelebihan gula darah membuat beberapa gangguan kesehatan yang parah. Menurut ilmu kedokteran, gula darah tinggi menyebabkan banyak efek samping sebagai berikut.

Advanced Glycation End-product (AGEs)
Advanced Glycation End-product (AGEs) adalah hasil dari rantai reaksi kimia glikasi awal. Jika ada gula tinggi dalam makanan Anda, maka dapat mungkin muncul indikasi ini. Hampir semua gula darah Anda memberikan energi yang tubuh Anda butuhkan. Namun demikian, sejumlah kecil gula darah Anda terglikasi untuk membentuk Advanced Glycation End-product (AGEs). Selain itu, gula sederhana seperti fruktosa dan galaktosa melalui glikasi hampir sepuluh kali lebih tinggi dari glukosa.
Beberapa penyakit berat bisa muncul akibat Advanced Glycation End-product (AGEs). Penyakit-penyakit seperti Kanker, penyakit Alzheimer, Penyakit jantung, Tipe-II diabetes, Aterosklerosis, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguan visual, Stroke, gangguan kulit.

Menekan Sistem KekebalanKelebihan gula dapat merusak sistem kekebalan tubuh seseorang, dan kita semua tahu bahwa tanpa sistem kekebalan tubuh yang tepat seseorang akan menjadi lemah oleh serangan dari banyak penyakit. Sistem kekebalan aktif memerangi dan mengalahkan penyakit.
Jika sistem kekebalan tubuh menjadi rusak atau lemah, maka banyak penyakit serius pasti akan menyerang tubuh. Jadi, dengan cara ini gula yang berlebihan dalam darah dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Masalah Gigi
Mulut manusia biasanya mencakup beberapa jenis bakteri yang menyerang gigi. Ketika seseorang memiliki kadar gula yang berlebihan dalam darah, bakteri dan kuman menjadi lebih aktif. Mempengaruhi pada gigi tergantung pada jumlah gula darah seseorang dalam tubuhnya. Kemungkinan masalah gigi tergantung pada seberapa banyak seseorang memiliki gula darah. Dalam kasus normal, berarti ketika seseorang tidak memiliki gula tinggi dalam darah, ia dapat dengan mudah disembuhkan dengan mengcabut gigi yang terkena. Namun, pasien gula tinggi tidak dapat mengikuti prosedur tersebut. Menurut dokter, tentu saja jika diberi aksi akan lebih berbahaya bagi pasien yang memiliki gula yang berlebihan dalam darah. Selain itu, masalah tersebut akhirnya bisa berubah menjadi ganas dan menjadi kanker..

Penyakit Jantung
Seperti yang disebutkan sebelumnya, gula yang berlebihan dalam darah dapat menyerang bagian dari sistem kardio vaskular dan jantung yang merupakan organ paling penting dari sistem cardio vaskular. Jika seseorang memiliki gula darah yang berlebihan, maka dapat menyerang setiap bagian dari sistem pembuluh darah jantung dan akhirnya jantung akan terpengaruh.
Penuaan Kulit Lebih Cepat
Tingkat gula dalam darah yang tinggi merusak kesegaran kulit. Tidak hanya merusak kesegaran, tapi itu membuat banyak kerutan di wajah juga. Dalam hal demikian, orang yang terkena terlihat lebih tua.

Diabetes
Hormon Insulin membawa glukosa ke seluruh sel, di mana ia berfungsi untuk membuat energi. Pasien diabetes gula mungkin memiliki kekurangan insulin, atau tidak dapat memanfaatkannya, seperti seharusnya. Ini menandakan bahwa jumlah kelebihan glukosa dalam darah membawa gejala diabetes gula.
Ada dua kategori diabetes, tipe 1 dan tipe 2. Dalam kasus Diabetes tipe 1, tubuh tidak mampu untuk membuat insulin dengan cara apapun sedangkan dalam kasus Diabetes tipe 2, tubuh menciptakan jumlah berlebihan kecil insulin, atau tidak dapat memanfaatkan apa yang diperbuatnya. Kedua jenis diabetes menunjukkan hasil dengan cara yang berbeda.

Tekanan Darah Tinggi
Agar dapat berfungsi secara akurat glukosa diperlukan oleh otak. Mengingat itu, selalu disarankan untuk tidak menjauh dari glukosa sepenuhnya. Namun, diperlukan untuk menjauhkan diri dari sumber-sumber glukosa. Kebiasaan makan makanan yang kaya gula, permen, minuman ringan yang mencapai saluran usus secara instan.Kemudian, hal itu menyebabkan reaksi langsung bagi pankreas untuk membuat insulin.
Sesuai dengan ahli medis, produksi insulin terlalu banyak mengambil bagian dalam terjadinya tekanan tinggi dalam darah yang dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, asupan gula atau seperti jenis makanan menghasilkan lebih banyak insulin dalam tubuh, dan merupakan penyebab utama tekanan darah tinggi. Mengingat kenyataan itu, harus disebutkan bahwa gula adalah sumber utama tekanan darah tinggi.
Tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi beberapa bagian organ utama seperti jantung, ginjal, pembuluh, dan janin. Ini bisa sangat berbahaya pada masa kehamilan juga.
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa, menjaga dan mengurangi konsumsi gula adalah penting bagi kesehatan tubuh kita. Tetap kontrol konsumsi gula dan diet seimbang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh Anda.


sumber

ARTIKEL TERKAIT



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Tentang Artikel Diatas. TERIMA KASIH....

Followers

Total Tayangan Halaman

SEO Stats powered by MyPagerank.Net Adsense Indonesia Bloger Medan - Find me on Bloggers.com bloggersumut.net
 

Anak Medan. Copyright 2012 All Rights Reserved Free Wordpress Templates by Brian Gardner Blogger Templates presents HD TV Fringe Streaming. Featured on Wedding Photographers Singapore.